Jumat, 27 April 2012

Tulang Rusuk Pria Hilang Satu?

Ditulis oleh Alifatuz Zahrah di 08.38
“Wanita terbuat dari tulang rusuk pria” Ingat siapa wanita pertama yang diciptakan oleh Allah SWT? Yapp.. Ibu Hawa, istri Nabi Adam AS :) Konon begini ceritanya :

Nabi Adam AS merupakan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. Lalu Allah mengambil satu tulang rusuk Nabi Adam untuk menciptakan seorang wanita sebagai teman hidupnya di dunia, yaitu Ibu Hawa.


Membahas masalah ini, banyak terbesit pertanyaan-pertanyaan dalam diri kita. Jika memang wanita terbuat dari tulang rusuk pria, pertanyaannya adalah :
1. Apakah nyatanya tulang rusuk pria berjumlah kurang satu dari tulang rusuk wanita?
2. Mengapa harus tulang rusuk? Kan masih ada tulang-tulang lain??
3. Dan yang terakhir, bukankah manusia diciptakan Allah SWT dari tanah?

Jalan-jalan di rumah mbah Google (alias googling), saya menemukan banyak sekali argumentasi yang berbeda-beda dan membuat saya bingung manakah jawaban yang paling tepat (?)

Setelah buka-baca-tutup-buka-baca-tutup-buka-baca-tutup-...
Inilah jawaban yang saya dapatkan :

                Manusia merupakan ciptaan Allah yang paling sempurna dan paling tinggi derajatnya diantara ciptaan Allah yang lainnya. Mengapa tulang rusuk? Wanita diambil dari tulang rusuk pria dimaksudkan agar wanita bisa menjadi penolong bagi pria, dan dengan letaknya rusuk di tengah, tidak di kepala (atas), atau kaki (bawah) agar wanita tetap sederajat yang dengan pria. Jadi tidak lebih tinggi atau tidak lebih rendah. Jadi dengan sejajarnya derajat wanita maka lebih mudah wanita untuk menjadi pendukung bagi pria. 

“ Wanita diciptakan dari tulang rusuk, agar mereka dekat dengan hati untuk dikasihi,dekat dengan lengan untuk dilindungi, tidak dari tulang kaki untuk diinjak-injak, tidak dari tulang kepala untuk disanjung-sanjung”

                Di sebuah tulisan “Perempuan dijadikan dari tulang rusuk ?”, Ustadz H.M. Nur Abdurrahman berkata bahwa “menurut ayat Kawniyah, jumlah tulang rusuk laki-laki yang sebelah kanan sama banyak dengan jumlah yang sebelah kiri. Apabila Siti Hawa dijadikan dari salah satu tulang rusuk Adam, maka tentu ada satu tulang rusuk Adam yang berkurang di sebelah kanan atau sebelah kiri, yang akan menurun menjadi warisan anak cucu Adam.”

                Ada sebuah dalil yang menyatakan bahwa wanita bersifat seperti tulang rusuk, bukan berasal dari tulang rusuk. Hadis yang menyatakan bahwa wanita terbuat dari tulang rusuk itu bukanlah benar-benar tulang rusuk melainkan hanya perumpamaan.

Ini nih dalilnya :
“nasihatilah kepada perempuan-perempuan kalian dengan kebaikan, sebab mereka diciptakan bersifat seperti tulang rusuk. Sesungguhnya tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas. Jika kalian memaksa/berkeras untuk meluruskannya, niscaya ia akan patah. Namun jika kalian biarkan, mereka akan senantiasa bengkok, maka berwasiatlah/nasihatilah dengan kebaikan kepada perempuan-perempuan.” -H.R. Bukhari&Muslim-

                Kesimpulannya : Wanita diumpamakan seperti tulang rusuk, bukan berasal dari tulang rusuk. Oleh karena itu, pernyataan “Wanita terbuat dari tulang rusuk pria” merupakan pernyataan yang salah. Dan, Siti Hawa bukan diciptakan dari tulang rusuk Nabi Adam AS, melainkan diciptakan dari tanah.

Sekian, obrolan kali ini. Semoga bermanfaat ^^

45 komentar:

Putrie Jrs mengatakan...

Jika kalian memaksa/berkeras untuk meluruskannya, niscaya ia akan patah. Namun jika kalian biarkan, mereka akan senantiasa bengkok,

kalau yang ini Aku setuju dek. :D Perihal yang dari tulang rusuk nabi Adam itu entah iya entah tidak, setahuku dongeng :3 hihihi

mY c0lLecTi0n mengatakan...

Awal-awalnya lucu :D
Tapi akhir-akhirnya bisa ketangkep kok maksudnya ^_^
Keren deh, Good info :)

Azahrah mengatakan...

@Putrie Jrs : Yapp :) Tapi ada yang beragumen kalo itu nyata mbak.. Emm membingungkan :/

@my collection : Bagus deh kalo gitu :D Oke, makasi ^-^

Sandi Nugroho mengatakan...

Waduh, oke2. . bisa2. Keep spirit yah dek.

16 September mengatakan...

Karena tulang rusuk itu "bengkok" .. :)

Risandi Oktarina mengatakan...

Jika memang dirimu lah tulang rusukkuu ....

#numpang nyanyi zaa#
ahahaha

Audy mengatakan...

ini nih merebondingkan yang salah kaprah , bagus azza :D

rulz mengatakan...

chemungudthzzzzz

Ahong mengatakan...

Mungkin klo di artikan, "Wanita sebagai pendamping hidup pria" kali ya. (Dari judulnya)

Nurul mengatakan...

aku nanya satu,
adakah di Al-quran ayat yg menyatakan hawa berasal dr tulang rusuk adam?

socafahreza's blog mengatakan...

wah, topik yang sangat menarik sekali..
kalau menurut saya di jaman modern sekarang ini, kesetaraan gender sudah menjadi hal yang sangat lumrah..
peran perempuan bisa bergeser bahkan bisa "multicareer" seperti ibu rumah tangga yang berprofesi jadi sekretaris dsb..
tapi yang namanya perempuan tetep harus disayang dan dilindungi :)

Eni Zaahirah mengatakan...

“Wahai sekalian manusia, bertakwalah kepada Rabb kalian yang telah menciptakan kalian dari jiwa yang satu dan dari jiwa yang satu itu Dia menciptakan pasangannya, dan dari keduanya Dia memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak.” (An-Nisa`: 1)

Naah klo yg tsb d atas adalah dari Alloh tuh,boleh tau apa maksud kalimat "menciptakan kalian dari jiwa yang satu dan dari jiwa yang satu " ??:)

Anonim mengatakan...

Kaya lagunya Last Child aja : "Jika memang dirimulah tulang rusukku"

mY c0lLecTi0n mengatakan...

Iya dek :))

Anonim mengatakan...

yup. setuju. jadi tulang rusuk itu perumpamaan sifat. seperti itulah mungki^^ Karena tulang rusuk laki2 dan perempuan sama kok, ada 12. 7 iga sejati, 3 iga semu dan 2 iga melayang.

salam.
mang Deris

Irgi Fahrezi mengatakan...

im just sent a junk Coment... :D

dochie prasetya mengatakan...

JIKA MEMANG DIRIMULAH TULANG RUSUKKU , KAU AKAN KEMBALI PADA TUBUH INI :D HAHAHAHA .

Anonim mengatakan...

TULANG RUSUK
Dalam tubuh manusia, ada 24 tulang yang panjang, ramping, dan melengkung yang melingkari rongga dada. Tulang-tulang rusuk ini tertata dalam 12 pasang dan membentuk sebuah sangkar yang melindungi jantung dan paru-paru. Darah dibuat di dalam sumsum tulang-tulang rusuk.
Sewaktu menciptakan wanita, Allah tidak membuatnya terpisah dan berbeda dari pria dengan membentuknya dari debu tanah, sebagaimana yang Ia lakukan sewaktu menciptakan Adam. Ia mengambil salah satu tulang rusuk Adam, dan dari tulang itu Ia membangun bagi Adam seorang mitra yang sempurna, wanita Hawa. (Kej 2:21, 22) Meskipun demikian, Adam tetap seorang pria yang sempurna, yang kini dipersatukan dengan istrinya sebagai ’tulang dari tulang dan daging dari daging’. (Kej 2:23; Ul 32:4) Hal ini juga tidak mengganggu reproduksi sel-sel Adam sehingga mempengaruhi struktur tulang rusuk anak-anaknya, laki-laki atau perempuan. Baik pria maupun wanita mempunyai 24 tulang rusuk.
Menarik untuk diperhatikan bahwa sebuah tulang rusuk yang disingkirkan akan tumbuh lagi dan mengganti diri, selama periosteum (selaput jaringan ikat pembalut tulang) dibiarkan tetap ada. Catatan tersebut tidak menyatakan apakah Allah Yehuwa mengikuti prosedur ini atau tidak; akan tetapi, sebagai Pencipta manusia, Allah tentu tahu sifat yang luar biasa ini dari tulang rusuk.

yuendra's world mengatakan...

yuhuu, kerenkeren :D

ipank rip mengatakan...

tulisan ini sesegar orange juice . .

ufha bocaeh diifha mengatakan...

dan memang tulang rusuk tidak akan terpisah dr pemiliknya .. ittulah jodoh

Anonim mengatakan...

Ustadnya ngk ngerti kedokteran sih.... kalo tangan, kaki atau tulang apapun diamputasi / dipotong secara operasi, apakah anak kita akan tidak punya tangan atau kaki atau kehilangan tulang seperti bapaknya????? jawabnya ngak ya.... karena DNA yang menentukan bentuk dan susunan badan seseorang. Jadi Adam yang diambil rusuknya oleh Tuhan tidak menurunkan rusuk yang kurang pada anaknya. Hanya Adam yang kurang satu tulang rusuknya... Bless....

wiwin ariga mengatakan...

tak jelas

wiwin ariga mengatakan...

tak jelas

wiwin ariga mengatakan...

tak jelas

Alifatuz Zahrah mengatakan...

@Sandi Nugroho : Pasti mas, makasi support nya :)

@16 September : Terus hubungannya apa ya? :o

@Risandi Oktarina : nyanyi disini gak dapet duit ca. malah tak suruh bayar :D

Alifatuz Zahrah mengatakan...

@Audy : kayak rambut dong mbak? :D makasi :3

@rulz : eaw pasthi cemunguth kog #nahloh :D

@Ahong : nah, bener mas :)

Alifatuz Zahrah mengatakan...

@Nurul : kurang tau mbak, maaf ya :) kalo penasaran bisa cari di google :)

@socafahreza : nah! setuju sama yang ini "tapi yang namanya perempuan tetep harus disayang dan dilindungi :)"

@Eni Zaahirah : wah saya kurang tau, coba tanya ke orang yang lebih tau mbak :)

Alifatuz Zahrah mengatakan...

@Anonim : iya, lagi musim tuh lagunya :p

@mang Deris : mungkin :) terima kasih sudah berkunjung :)

@Irgi Fahrezi : terserah kamu lah gik mau ngapain, gratis kok :3 asal jgn keterlaluan, understand? :D

Alifatuz Zahrah mengatakan...

@dochie prasetya : wah, bagus juga suaranya :D

@anonim : nice info, thanks! :)

@yuendra : yuhu, thankies thankies :D

Alifatuz Zahrah mengatakan...

@ipank rip : bisa ngilangin haus juga? hehe :)

@ufha bocaeh diifha : dan setiap manusia memiliki jodohnya masing-masing, right? :)

@Anonim : wah gak ikutan deh yaa :|

Alifatuz Zahrah mengatakan...

@wiwin ariga : terus yang jelas itu yang seperti apa? bisa diberi contohnya? share ilmu yaa :)

Anonim mengatakan...

Terima kasih infonya.Karena memang inilah info yang benar.tidak ada dalam Al'Quran yang menyatakan wanita berasal dari tulang rusuk pria.Tetapi jelas dalam Al"Quran,proses terciptanya manusia.Dan Wanita juga merupakan golongan Manusia.

Ega Febriansyah mengatakan...

Yg jelas tanpa wanita kita bukan apa2 hidup iniPun akan singkat..

Jagalah tulang rusukmu sebagaimana tulang rusuk itu menjaga jantung kita

syukur mengatakan...

info nya menarik,menambah wawasan saya,thanks

Sigit Herdianto mengatakan...

dulu saya juga mikir.berarti orang yg poligami tulang rusuknya hilang lebih dari 1 dong

Falda Kumala mengatakan...

pertanyaan nya adalah... tulang rusuknya siapa yg ada didiriku wkwkkw :D

Anonim mengatakan...

adam tercipta dengan kesempurnaannya lebih dr ciptaaNya yang lain, namun adam tetap tidak sempurna dimata manusia jika hidup sendiri maka dari itu di ciptakan hawa sebagai pelengkapnya. Jd kita hidup di dunia ini bukan cari kesempurnaan tp kita hidup di dunia ini untuk saling menyempurnakan. dan jangan pernah anggap diri kita sempurna.

Anonim mengatakan...

akbar.nurbany@yahoo.com

kurni cool mengatakan...

Adam dan Hawa.. Allah menciptakan manusia : Adam. yang punya firman Allah bahwa hawa diciptakan sama dengan adam. tolong share ya.. sementara ini yang saya tau hawa tercipta dari tulang rusuk adam. terima kasih.

kurni cool mengatakan...

surah An-Nisa' ayat (1). itu yang memperkuat Hadist Rosul tentang penciptaan Hawa dari tulang rusuk Adam as.

Alifatuz Zahrah mengatakan...

@Anonim : Terima kasih kembali :)

@Ega Febriansyah : Tanpa pria, wanita juga bukan apa-apa. Pada dasarnya pria dan wanita diciptakan untuk saling melengkapi bukan? :)

@Syukur : Alhamdulillah postingan ini bermanfaat :) Terima kasih sudah berkunjung

@Sigit Herdianto : Iya ya? Saya tidak mikir sampai ke situ :D

Alifatuz Zahrah mengatakan...

@Falda Kumala : Seseorang yang kelak akan menjadi jodohmu :) *gampang kan jawabnya hehe*

@Anonim : Benar sekali :)

@Kurni cool : Wah bagaimana ya :) Saya juga masih harus banyak membaca. Lain kali kalau sudah ada jawabannya InsyaAllah saya share :)

tiara mengatakan...

Oke, terimakasih atas penjelasannya.

syukur mengatakan...

Tema yang sangat menarik dengan penjelasannya yang cukup jelas.

Poskan Komentar

komentar disini yuk ~(‾⌣‾~)(~‾⌣‾)~

 

Anything Posting Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review